Wednesday 15 June 2011

Berbohong

Assalamualaikum....Berbohong tidak kira lah dalam hubungan ibu dan anak atau institusi keluarga, masyarakat mesti ada pembohongan dalam hubungan tersebut... kira banyak orang pakai sebagai bohong sunat.

Berbohong adalah suatu perbuatan yang tidak terpuji, perbuatan yang dilakukan secara licik dan pengecut.

Biasanya dilakukan oleh orang yang ingin mencari keuntungan diri sendiri. Sifat kikir dan serakah mendahului perbuatan ini.

Perbuatan berbohong dapat mengakibatkan orang yang melakukannya kehilangan kasih dan belas kasihan terhadap sesamanya.

Pada masa anda melakukan kebohongan, apakah Anda menyedari mengapa anda melakukannya? Jika anda menyadari,  maka itulah alasan Anda berbohong. Menurut sebagian ahli, sebahagian besar kebohongan yang dilakukan manusia memiliki alasan.

Ertinya, kebohongan adalah perilaku yang memang sudah diatur sedemikian rupa oleh pelakunya. Walaupun begitu, ada beberapa kebohongan yang mengalir begitu saja tanpa pelakunya sadar sebelumnya. Tahu-tahu sudah berbohong begitu saja. Baru disedari berbohong setelah melakukannya.

Sebuah penelitian di Amerika yang dilakukan oleh NIMH (National Institute of Mental Health) menunjukkan bahwa dalam seminggu, orang berbohong terhadap 30% orang lain dalam Masyarakat. Mahasiswa malah menunjukkan angka 38% jumlah orang yang mereka bohongi. Jadi kira-kira, dari 100 orang yang diajak berinteraksi dalam seminggu, maka ada 38 orang yang telah dibohongi. Luar biasa bukan?!


Penyebabkan timbulnya kebohongan? Sekurang-kurangnya terdapat 4 faktor penyebab orang berbohong, iaitu :


Faktor kepribadian, yakni adanya pribadi-pribadi tertentu yang cenderung untuk selalu berbohongFaktor konteks sosial, yakni adanya konteks sosial tertentu yang membuat orang melakukan kebohongan.Faktor kemanfaatan bagi pembohong, yakni adanya kemanfaatan yang dicapai bagi pelaku kebohongan.Faktor kemanfaatan bagi orang lain yakni adanya kemanfaatan bagi orang lain.Faktor keperibadian penyebab kebohongan berlaku.


p/s Harap semua jangan lah berbohong......


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...